Pages

Saturday, February 11, 2012

Olah Foto Dengan Adobe Lightroom & Photoshop

Olah Foto Dengan Adobe Lightroom & Photoshop

Hello everybody..

Akhir2 ini saya sering baca pertanyaan yang sama dari para agan2 sekalian soal apakah para photographer selalu menggunakan software. Jawaban yang didapet yah tergantung dari masing photographer itu sendiri, ada yang lbh suka gak 'mengolah' fotonya.. ada yang menggunakan software sebatas cropping dan memperbaiki exposure, ada yang all out.. mengolah kembali foto sec. total u/ membuat foto lebih keliatan artsy dengan permainan warna dsb.

Karena saya termasuk yang terakhir -hobby main2 dengan photoshop- saya lebih suka mengolah foto supaya hasilnya sesuai dgn style yg saya suka. So, di thread ini saya berniat buat sekalian sharing, siapa tahu ada yang tertarik dengan process before & after.

Dan buat yang mau sharing post processing workflow-nya juga SILAHKAN posting dimari..

****

Sy mulai dengan foto baby saya yang diambil tadi pagi
Software yang saya pakai adalah Lightroom & CS2. Dan shooting in RAW.

Foto kita buka di Lightroom. It's SOOC (Straight Out Of Camera) alias original. Diambil dengan lens 50mm dibukaan 1.4 .. Arah fokus, dibag. mata.





Foto asli diatas gak jelek-jelek banget kualitasnya. Pencahayaannya lumayan pas, sesuai selera



Foto saya cropping buat mengurangi empty space dibagian atas dan menghilangkan penampakan si diaper




Menurut selera mata saya yang empat, foto kurang halus. Agak kontras (NB: saya sih pd dsrnya emang krg suka foto yg terlalu kontras hehe). Jadi saya set RECOVERY, BRIGHTNESS, dan CLARITY. Recovery u/ mengurangi cahaya yang terlalu kuat, brightness menerangi sisi kanan yang agak gelap, clarity memperhalus garis object.

Foto diatas adalah BEFORE & AFTER




Karena agak plin plan dengan hasilnya, saya set lagi tone curves DARK & SHADOW. To give a little punch.

Trus convert to JPEG, save!

Sekarang kita buka Photoshop (sy pake versi lama CS2).




Banyak teknik u/ mempertajam hasil foto yang dipakai o/ para photographer. Salah satu yang saya pakai adalah via High Pass. Caranya, copy background layer (Ctr-J). Filter --> Other --> High pass. Saya set di 3.0 (tergantung foto). Lalu set layer ke VIVID LIGHT (lihat foto).




Saya pake action buatan saya sendiri. Namanya Aqua Latte. Action ini u/ menghasilkan tone yang lembut dan greyish. Kalo mau nanti saya jabarin pembuatannya. Disini sy masih adjust layer2 solid colornya, sesuai selera.




Kembali saya jalankan action buatan sendiri yg saya sebut Warm Blue Sky. Action ini u/ menghasilkan tone yang lebih 'pop' dan warm.
Trus copy background layer, set ke SOFTLIGHT. Adjust opacity-nya 40% supaya gak begitu kontras atau sesuai selera.

Now...
BEFORE & AFTER




Btw, ini cuma cara saya mengolah foto u/ mendapatkan tone yg saya suka lho yah.. gak/belum tentu mewakili selera anda

No comments:

Post a Comment